MASIGNASUKAv102
2648996612628787135

Mbah Suro: Kenapa di Sebut Server?

Mbah Suro: Kenapa di Sebut Server?
Add Comments
4/12/2018

   Kembali lagi di blog ImaduPoi yang diatas adalah saya yang lagi membantu Mbah Suro untuk memberikan
materi tentang server ,. dan pada kesempatan hari ini saya juga di beri Job untuk membantu membongkar
Server Supermicro milik Mbah.,., dan masih banyak lagi yang ingin saya sampaikan kepada para pembaca
sekalian. oke Lanjut baca di bawah yuks,.,

PENGERTIAN

server adalah komputer yang memberikan pelayanan ke pada client atau host dalam sebuah jaringan , sedangkan komputer adalah perangkat yang biasanya menjadi client atau menerima layan dari komputer server

LATAR BELAKANG

dalam sebuah jaringan di adakan server agar dalam jaringan dalam network tersebut terstrukur karna adanya server dan client
ALAT DAN BAHAN
n/a

LAMA WAKTU PELAKSANAAN

n/a

TAHAP PELAKSANAAN

nah disini saya memberikan pengertian , atau perbedaan sedikit,  jadi Server itu Ada 2 Jenis yaitu:
  1. Server stand alone
  2. Server gateway
 Nah jadi Kalu
Mode gateway difungsikan jika contohnya Server ClearOS bertindak juga sebagai Router dalam jaringan. Topologinya adalah sbb :




Mode Gateway mensyaratkan minimal ada dua Lancard
Terpasang di ClearOS, untuk input-output
Mode Standalone
Mode standalone difungsikan jika contohnya Server ClearOS bertindak sebagai Server. Oleh karena itu, jika ClearOS dalam mode standalone, HARUS ada Router lain yang mengatur lalu lintas data ke/dari Server ClearOS. Mode Standalone mensyaratkan hanya ada satu LANcard di Server ClearOS.



Router memegang peranan penting di mode Standalone. Dalam mode ini, ClearOS bersifat pasif. Pengarahan trafik jaringan di lakukan oleh Router. Router dapat betupa hardware Router (Cisco, Juniper, RB Mikrotik,dll) atau bisa berupa PC Router yang diinstal Operating System seperti Windows, Linux, Mikrotik OS,dll.

 

ROUTER VS SERVER

Banyak yang menyamakan antara Router dan Server (dan beberapa literatur berkata demikian), Cuma menurut saya pribadi, dua hal ini beda.

Router : Berfungsi mengatur lalulintas data di jaringan, menuju dan dari device/komputer yang terkoneksi disana. Router juga berfungsi menjembatani antar kelompok jaringan tertentu, misalnya berbeda kelas IP atau berbeda subnet.

Server : Berfungsi menyediakan pelayanan khusus kepada client di jaringan. Contohnya adalah : Web server, Mail Server, Data Center, Proxy Server,dll. ClearOS mampu melaksanakan kedua fungsi ini tergantung mode yang dipilih.

NAT (Network Address Translation)

Pengertian dan jenis-jenis NAT sangat luas, tetapi intinya NAT adalah memetakan IP tertentu ke IP yang lain.
Secara umum, NAT digunakan untuk mengkoneksikan IP Private ke internet melalui IP Publik. Keuntungan sistem ini adalah, hanya diperlukan sebuah/sedikit IP Publik untuk menangani banyak IP Private. Hal ini menghemat kebutuhan akan IP Publik yang jumlahnya terbatas dan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk
mendapatkannya.

Dokumentasi:
            Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan semoga bisa menjadi pengajaran dan pembelajaran bagi para pembaca, semoga blog ini semakin bermanfaat dan juga bisa memotivasi para pembaca sekalian, dan Jangan Lupa IKUTI blog ini:
KLIK LOGO: Please!
ImaduPoi | Story in BLC

,<<<<<<<<<<  =================
 <<<<<<<<     (JANGAN LUPA IKUTI BLOG)
*<<<<<<<<<< =================
Terima Kasih

#BLC TELKOM KLATEN  #MBAH SURO #SHARING #

Upload 23.40 waktu setempat  ©2018_ImaduPoi~Blog #Save_Pacul
Imadu

Hanya Manusia biasa yang suka berbagi selagi bisa