MASIGNASUKAv102
2648996612628787135

Konfigurasi IPIP Tunnel di Mikrotik

Konfigurasi IPIP Tunnel di Mikrotik
Add Comments
4/13/2018
Kali ini saya akan Share sedikit ilmu tentang konfigurasi ipip.dan sebelumya saya akan menjelaskan tentang ipip.

A.Pengertian
IPIP adalah protokol tunneling IP yang mengenkapsulasi satu paket IP di paket IP lain. Untuk mengenkapsulasi paket IP dalam paket IP lain, sebuah header luar ditambahkan dengan SourceIP , titik masuk terowongan dan titik Destination , titik keluar terowongan. Saat melakukan ini, paket dalam tidak dimodifikasi (kecuali bidang TTL , yang dikurangi). Bidang Don't Fragment dan Type Of Service harus disalin ke paket luar. Jika ukuran paket lebih besar dari Path MTU , paket terfragmentasi dalam enkapsulasi, karena header luarnya harus disertakan. Decapsulator akan memasang kembali paket.

B.Latar Belakang

C.Maksut dan tujuan

D.Tahap pelaksanaan
1.Pertama kita seting routernya  dulu agar bisa terkoneksi internet.kali ini saya mengunakan poin to point bisa di kilk di sini

2.kemudian setelah router sudah terkonek internet.kemudian kita molai setting ipip.

3.pertama klik intefacess klik add (+) lal pilik ip tunnel.maka akan muncul seperti gambar seperti di bawah ini.nah local address dan remote address kan masih kosong.nah local address nya di isi ip wlan yang kita dapat di router 1 dan remote addressnya kita isi ip wlan punyaknya si lawan tersebut.
 kalau udah klik apply ok
2.kemudia kita ip privat 10.10.10.1 interfacesnya ipip-tunnel1

 kemudian klik apply ok
3.kemudian kita setting router yang ke 2.setinganya sama
klik intefacess klik add (+) lal pilik ip tunnel.maka akan muncul seperti gambar seperti di bawah ini.nah local address dan remote address kan masih kosong.nah local address nya di isi ip wlan yang kita dapat di router 2 dan remote addressnya kita isi ip wlan punyaknya si lawan  yaitu router 1 tersebut. 

kemudia kita ip privat 10.10.10.1 interfacesnya ipip-tunnel1


4.Sekarang Wan dari kedua router tersebut sudah terhubung melalui ip tunnel. Selanjutnya buat static routing untuk menghubungkan jaringan Lan nya.
untuk router ke 1  dst addressnya ip geteway di router lawan dan geteway ip wlan roter 1


 dan router ke 2nya




sekian dari saya terima kasih
Imadu

Hanya Manusia biasa yang suka berbagi selagi bisa