MASIGNASUKAv102
2648996612628787135

Blocking Website di MikroTik

Blocking Website di MikroTik
Add Comments
4/08/2018


1. Pengertian

Blokir adalah aksi yang diambil untuk menghentikan orang tertentu mengakses informasi. Jika sebuah situs web m,engaktifkan pemblokiran berdasarkan alamat IP pengguna, blokirnya dapat mempengaruhi pengguna lain yang berbagi alamat IP. Beberapa pengguna yang diblokir mencoba untuk menghindari pemblokirannya dengan membuat akun yang lain atau menggunakan proxy server. Pemblokiran juga dapat mengacu untuk memblokir akses kepada web server berdasarkan alamat IP pengguna. 

2. Latar Belakang

Karena adanya situs-situs yang tidak bermanfaat bagi pelajar dan tidak baik untuk kalangan dibawah umur, maka alangkah baiknya situs tersebut di blokir.

3. Maksud Dan Tujuan

Agar kalian dapat mengawasi atau memblok situs-situs yang ada di internet tapi dengan syarat 1 jaringan dengan mikrotik 

4. Hasil Yang Diharapkan

Hasil yang saya harapkan adalah saya bisa memblokkir situs-situs web yang tidak penting dan menyesatkan anak-anak sekolah seperti gambar-gambar yang tidak bermoral.

b. Alat Dan Bahan

Mikrotik 
Komputer 
Jaringan Internet 

c. Jangka Waktu Pelaksanaan
Kurang lebih 45 menit.

d. Proses Dan Tahapan Pekerjaan

Teknik Pertama

Pertama kalian masuk ke winbox, kalian kemudian, kemudian kalian masuk di firewall. Jika kalian sudah masuk di firewall maka kalian pilih filter rule>>(+)kemudian kalian beralih ke conten nya untuk memblokkir situs web. Seperti gambar di bawah ini.


Jika kalian sudah masukkan nama website yang kalian ingin blokir maka kalian masuk ke action pada menu yang diatas lalu kalian pilih drop untuk memblok situs yang kalian inginkan. Seperti gambar berikut ini.




Jika sudah diblok kalian buka web yang kalian blok maka akan loading terus tidak akan masuk ke web tersebut.

2. Teknik kedua
Teknik kedua ini memblokkir situs dengan menggunakan 2 ip servernya. Jika kalian ingin mengecek ip server apakah ada 2 atau 1 klian masuk ke terminal root kalia terus masukan perintah nslookup www.webyangdiblok.com jika selesai maka akan muncul ip addresss server, atau bisa juga dengan mengecek Nslookup secara Online seperti di bawah ini





Langkah pertama kalian masuk ke firewall lalu kalian cari address list kalau kalian sudah masuk kalian tambahkan kemudian kalian masukan nama dan address tujuan anda. Jika sudah dimasukan 2 address tersebut. Seperti gambar dibawah ini.


Jika kalian sudah memasukan 2 ip address web yang diblokir maka kalian setting lagi dengan membuka filter rule kemudian kalian tambahkan (+) jika kaliam sudah menambahkan kalian masuk ke ADVANCED lalu kalian masukan Dst Address. Kalian klik maka akan muncul nama yang kalian buat tadi di address list. Seperti gambar di bawah ini.



Jika kalian sudah setting dst sddressnya maka kalian masuk ke action pilih DROP. Seperti gambar di bawah ini.




Jika kalian sudah menyetting semua kalian test tangan masuk ke browser. kemudian kalian ketikkan web yang kalian blok.


3. Teknik ke tiga (3)
Pada teknik ke tiga ini kita harus menggunakan script untuk blok situsnya. Tekniknya seperti berikut ini.

Langkah pertama kalian buka Firewall kemudian kalian cari pada kolom menunya layer7protokol kemudian kalian tambah kan maka akan menampilkan nama dan description kalian masukkan nama website yang ingin diblokir kemudian untuk deskription nya kalian masukan script, misalnya "^.(facebook.com).*$" contoh gambar sebagai berikut.




Jika kalian sudah menambahkan layer7protokol nya maka kalian setting di FilterRule untuk memblok situs-situs yang kalian pilih dengan langkah masuk ke filterrule kemudian masukan nama yang kalian buat pilih layer7protokol. Seperti gambar berikut ini.






Jika kalian sudah memsukkan nama tujuan website kalian masuk lagi ke Action yang ada pada kolom di atas lalu kalian pilih drop untuk action Drop seperti gambar di bawah ini.






Kalau kalian sudah membuat action drop kalian uji apakah berhasil atau tidak. Kalian buka di browser lalu kalian ketikkan web yang tadi di blok.

e. Hasil Yang Didapatkan
Yang saya dapatkan adalah saya bisa memahami dan mengetahui tata cara memblokir situs web.

f. Temuan Permasalahan
Saya disini tidak menemukan masalah .

g. Kesimpulan
Blok sangatlah berguna untuk memanagemen suatu jaringan, dengan fungsi untuk menghentikan akses terdapat situd tertentu. Biasanya situs yang diblok adalah situs yang tidak sepantasnya diakses, situs yang berbahaya, atau pun situs yang menggangu kinerja.

h.Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Blokir_%28Internet%29

            Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan semoga bisa menjadi pengajaran dan pembelajaran bagi para pembaca, semoga blog ini semakin bermanfaat dan juga bisa memotivasi para pembaca sekalian, dan Jangan Lupa IKUTI blog ini:
KLIK LOGO: Please!
ImaduPoi | Story in BLC
,<<<<<<<<<<  =================
 <<<<<<<<     (JANGAN LUPA IKUTI BLOG)
*<<<<<<<<<< =================
Terima Kasih 

#BLC TELKOM KLATEN  #MBAH SURO #SHARING #

Upload 23.40 waktu setempat  ©2018_ImaduPoi~Blog #Save_Pacul


Imadu

Hanya Manusia biasa yang suka berbagi selagi bisa